Monday, September 12, 2011

Apa Sumber Pembentuk Perilaku Anak?


Ternyata, perilaku anak-anak bisa disebabkan beberapa hal. Beberapa waktu yang lalu, kita sudah membahas bahwa perilaku anak-anak di meja makan juga bisa diketahui. Berikut ini kita juga akan belajar beberapa perilaku anak-anak yang dibentuk oleh sebab-sebab berikut ini :
Perilaku Anak Dipengaruhi ASI
Anak-anak yang diberi susu formula berbeda perilakunya dengan anak-anak yang diberi susu ASI. Bayi yang disusui ibunya kurang memiliki masalah perilaku dibandingkan dengan bayi yang diberi susu formula, demikian hasil sebuah penelitian. Dengan menyusui, interaksi ibu dan anak dapat terjalin sejak dini secara intensif, menurut hasil penelitian Millenium Cohort Study. Hanya ada 4% bayi yang disusui ibunya mempunyai masalah perilaku di kemudian hari, sedangkan bayi yang diberi susu formula sebanyak 16%.
Mereka menawarkan dua penjelasan atas temuan mereka. Salah satunya, ASI mengandung sejumlah besar asam lemak esensial yang dikenal memiliki peran penting dalam pengembangan dan fungsi otak dan sistem saraf pusat. Peter Kinderman, professor psikologi klinis di Universitas Liverpool, menyebut bahwa ‘ada ikatan emosional antara ibu-anak yang berlangsung selama menyusui.’ Inilah yang menyebabkan perilaku anak-anak di kemudian hari.

Perilaku Anak Dipengaruhi Orang Sekitar
Anak-anak belajar perilaku yang sesuai dari orang-orang di sekitar mereka selama proses pembelajaran. Anak kadang berperilaku tidak tepat misalnya mudah marah atau agresif. Perilaku negatif itu bila terjadi berulang kali selama jangka waktu tertentu akan berdampak negatif terhadap perkembangan anak dan mengganggu anak atau kehidupan sehari-hari keluarga mereka.

Perilaku Anak Dipengaruhi Oleh Cara Orangtua Mengasuh
Anak yang diasuh dalam rasa aman dan kedekatan emosi yang erat dengan ibunya akan tumbuh menjadi anak dengan perilaku yang baik. Analisa yang dilakukan Dr. Pasco Fearon dari School of Psychology dan Clinical Languange Sciences terhadap 69 studi yang melibatkan lebih dari 6000 anak pra remaja, menunjukkan bahwa anak laki-laki terutama dipengaruhi oleh ibunya di masa kecil, begitu juga pengaruh ibu terhadap anak perempuan, meskipun lebih kecil dibandingkan kepada anak laki-laki.
Hal-hal ini bisa jadi Anda tahu teorinya, tapi jangan lupa dipraktekkan. Tunjukkan karakter Anda yang baik karena anak-anak akan mencontoh secara sadar maupun tidak sadar. Anda harus selalu waspada karena perilaku anak-anak ditentukan oleh Anda.

Source : berbagai sumber/lh3

No comments:

Post a Comment