Thursday, September 15, 2011

Apakah anak membutuhkan mainan khusus untuk perkembangan otaknya?



Bukti-bukti tentang Neuroscience (ilmu yang mempelajari tentang otak) menunjukkan bahwa tak ada teknik khusus untuk mempercepat fase alamiah dalam perkembangan otak di masa kanak-kanak. Hal yang paling tepat untuk menumbuh-kembangkan anak dengan baik adalah dengan mencintai dan memberinya perhatian dan perawatan yang responsif.  

Hanya 16 hari setelah embrio terbentuk, sebuah struktur yang dinamakan cetakan saraf (neural plate) mulai terbentuk. Dalam beberapa hari cetakan ini berkembang menjadi pembuluh saraf yang membentang sepanjang punggung embrio. Pada hari ke-27, pembuluh tersebut tertutup dan terus berkembang menjadi otak dan saraf tulang belakang. Otak tumbuh dan berkembang dengan sangat cepat sampai beberapa tahun kedepan sehingga otak anak dapat mencapai 90% ukuran otak dewasa sebelum anak mencapai usia 4 tahun.

Periode dari pembuahan sampai sekitar anak berusia 3 tahun adalah masa paling penting, dimana otak bayi tumbuh sangat pesat dan pada masa ini pengalaman positif dan negatif dapat memberikan dampak yang dramatis dan menetap terhadap perkembangan kognitif anak.

No comments:

Post a Comment