Monday, September 26, 2011

Awas Bahaya Madu

Mendengar kata madu apa yang ada di benak Bunda? Tidak diragukan lagi madu merupakan salah satu obat alami dengan beberapa khasiat yang sudah terbukti. Madu pun dapat berfungsi sebagai obat batuk alami dan dapat meningkatkan daya tahan tubuh si kecil. Namun hati-hati, penelitian secara klinis mengatakan bahwa pemberian madu pada bayi dengan usia dibawah satu tahun beresiko terserang penyakit botulisme.

Botulisme adalah keadaan dimana tubuh keracunan toksin yang diproduksi oleh bakteri Clostridium Botulinum. Bakteri ini memproduksi zat beracun yang sangat kuat dan dapat menyebabkan kerusakan saraf dan otot. Celakanya, madu bisa saja mengandung spora dari bakteri ini. Sehingga pihak medis tidak menyarankan untuk diberikan pada bayi dibawah satu tahun.

Sistem pencernaan bayi yang belum sempurna akan sangat rentan terserang botulisme. Spora Clostridium Botulinum dalam usus dan menghasilkan racun. Bayi yang menderita botulisme akan mengalami sembelit, kelemahan otot mulai dari wajah dan kepala, si kecil akan menangis lemah, tidak dapat menghisap dan kehilangan ekspresi di wajahnya. Sebagian besar juga mengalami masalah pernafasan. 

Bunda, berikan makanan tepat pada umur yang tepat. Berikan ASI sebagai makanan utamanya dan perhatikan juga pemberian MPASI ketika usianya telah menginjak di atas enam bulan. Hindari penambahan pemanis buatan di makanan.

No comments:

Post a Comment